Skip to main content

Posts

Showing posts from December, 2014

Liburan Terpanjang Episode 5 (Hari ke-4)

Hari ke-4 (Rabu, 31 Desember 2014) dan masih di Bali adalah hari terakhir di bulan Desember 2014. Perjalanan dimulai dengan ziarah kubur terlebih dahulu, karena masih ada beberapa peninggalan Islam yang ada di Bali.
Ziarah-pun usai, perjalanan berlanjut ke Nusa Dua Bali. Kali ini perjalanan sudah ada yang menemani, yaitu Tour Guide asli dari Bali namanya “Bli Made”. Sepanjang perjalanan dari usai ziarah ke Nusa Dua di ceritakan tentang Bali. Mulai dari sejarah, bahasa, dan adat istiadat di Bali. Dan yang paling penting adalah melewati TOL di atas laut terpanjang di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2014 bersamaan dengan Miss World 2014 yang diselenggarakan di Bali. Sesampainya di Nusa Dua Bali yang dilakukan adalah mengapung di atas air dengan menggunakan perahu motor ukuran kecil. Perahu itu hanya menerima maksimal muatan 11 orang dan akan di tambah 1 orang lagi sebagai pengemudinya.
Menyeberangi laut sampai berfoto-foto dan tertawa bersama, perjalanan sekitar 15 menit itu berakhir…

Liburan Terpanjang Episode 4 (Hari ke-3)

Selasa, 30 Desember 2014. Setelah menikmati perjalanan panjang dari Jawa Tengah – Jawa Timur, yang lebih tepatnya Demak – Banyuwangi akhirnya sampai juga di pelabuhan Ketapang, Banyuwangi pada pukul 02.00 WIB untuk melakukan penyeberangan menggunakan kapal Feri ke pelabuhan Gilimanuk, Bali. Sekitar pukul 04.00 bus baru saja mendapat giliran untuk menyeberang. Dan ini adalah kali pertama saya melakukan penyeberangan ke pulau lain yaitu Bali. Bus masuk ke bagian bawah dan seluruh penumpang bus naik ke atas kapal. Kebetulan saya dapat mengambil beberapa gambar di prahu saat penyeberangan. Ini dia fotonya.




Penyeberangan tidaklah memakan terlalu lama waktu yang kita sediakan. Sekitar 30 menit kita sudah sampai di pelabuhan Gilimanuk, Bali dan waktu sudah menunjukkan pukul 05.30 WITA. WITA? Yaps WITA, Waktu Indonesia Bagian Tengah. Sesampainya di Bali yang dilakukan adalah sholat subuh, yang kemudian melanjutkan perjalanan dari pelabuhan Gilimanuk ke Denpasar, Bali. Perjalanan dari pelabuhan…

Liburan Terpanjang Episode 3 (Hari ke-2)

Perjalanan masih terus berlanjut. Setelah ziarah ke Demak perjalanan menuju Kudus-pun berlanjut. Sesampainya di Kudus hari Senin, 29 Desember 2014 atau hari ke-2 perjalanan panjang. Di Kudus kita istirahat di hotel dan satu kamar berisi 4-5 orang. Sekitar pukul 01.00 WIB mata saya sudah terpejam menikmati malam yang pendek di Kudus.

Jam 08.00 perjalanan dilanjutkan, perjalanan kali ini masih acara Ziarah. Ziarah ke Sunan Kudus. Masih sama dengan di Demak. Kita tidak bisa parkir di dekat Makam, Kalau di Demak masih bisa kita tempuh dengan jalan kakai, jangan pernah mencoba untuk jalan kaki saat di Kudus. Karena akan memakan waktu dan menguras cukup banyak tenaga.

Dan ini adalah beberapa foto saat di Kudus.

Setelah Ziarah di Kudus, perjalanan berlanjut ke Banyuwanyi, Jawa Timur. Dan ini adalah kali pertama saya melihat Jawa Timur.

Dari ujung timur Jawa Tengah ke ujung timur Jawa Barat memakan waktu yang cukup lama. Hampir 12 jam perjalanannya, dan ini benar-benar perjalanan terpanjang.

Liburan Terpanjang Episode 2 (Hari ke-1)

Setelah liburan 1 minggu di kampung tercinta yaitu Wonosobo, perjalanan dilanjutkan tour bersama keluarga YPI AL-Luthfah.
Yaps... Liburan kali ini sedikit berbeda, karena sebelum libur sudah di kasih tahu bahwa Guru dan Seluruh staff di Yayasan Pendidikan Islam Terpadu Al-Luthfah akan melaksanakan Ziarah dan Tour ke Bali.

Apa?

Bali?

Yaps. Tidak salah dengar. Acara kali ini gratis. Jadi semua guru yang bersedia mengikuti kegiatan ini harus merelakan waktunya selama 1 minggu untuk meninggalkan rumah tercinta mereka.
Liburan ke-Bali telah direncanakan, saya pun bingung. Karena posisi saya saat berangkat adalah berada di Wonosobo, sedangkan rombongan berangkat dari Cikarang, Bekasi. Beruntunglah saya sudah membuat janjian untuk bertemu di Masjid Agung Demak. Jadi saya akan lebih hemat waktu dan biaya, karena perjalanan ke Demak lebih dekat dan murah ketimbang saya harus balik ke Cikarang terlebih dahulu.
Hari Sabtu, 27 Desember 2014 seharusnya rombongan sudah berangkat dari sekolah, akan …

Liburan Terpanjang Episode 1

Ini pertama kali saya merasakan lagi yang namanya libur panjang.
Ya libur panjang.
Libur panjang umumnya berlaku untuk anak sekolah atau mahasiswa yang sedang libur semester.
Libur panjang untuk istirahat sejenak setelah melewati yang namaya Ujian Akhir Semester.
Libur panjang yang bukan hanya untuk anak sekolah atau mahasiswa tetapi untuk pengajarnya, stafnya dan semua yang terlibat di lingkungan pendidikan.
Tapi libur panjang itu terkadang tak berlaku untuk para penjaga sekoah. Karena para penjaga sekolah harus tetap di sekolah untuk menjaga sekolah setiap hari. Luar biasa jasa para penjaga sekolah.
Semoga keberkahan selalu menghampiri para penjaga sekolah yang sudah berjasa selain guru di sekolah.

Ah sudah dulu ya intronya. Langsung aja deh ke liburan panjang pertama saya setelah lama tak libur panjang.

Libur panjang di awali dengan berakhirnya Ujian Akhir Semester. Semenjak move on dari PT, kehidupan saya berubah drastis. Cerita move on-nya nanti aja ya. Sekarang kita bersenang-se…