Friday, 6 April 2012

Cara Menginstall Apache2Triad

Oke setelah kemarin kita belajar mengintasll Appserv sekarang kita belajar lagi nih install apache2Triad. Masih seperti biasa tulisan ini saya buat untuk membantu teman-teman yang benar-benar belum tau cara menginstall apache2Triad.

Langsung saja ya cara menginstallnya.

1.  Langkah pertama seperti biasa yaitu double klik aplikasi apache2Triad. Setelah itu akan ada proses extract dan akan muncul tampilan awal installasi apache2Triad seperti gambar di bawah ini :



Disini kita diajak untuk memilih apa saja yang akan kita install. Disarankan centang semua.

2.  Setelah kita pilih next kemudian kita akan dibawa pada suatu pilihan dimana kita akan menyimpan hasil intallasi kita. Disarankan untuk memilihnya pada drive C.


3. Next, kita akan mengisi password dan ini terserah sesuai keinginan. Disarankan yang mudah diingat dan minimal 8 karakter huruf atau kombinasi huruf dan angka minimal 8 karakter. Misalnya “bsicikarang”.

4. Berlanjut untuk yang selanjutnya yaitu persetujuan untuk menginstall. Klik “I Agree”.

5. Sekarang waktunya menunggu proses installasi.

6. Setelah proses installasi selesai yaitu proses Finishing. Tekan saja tombol ok yang kemudian akan mematikan komputer anda dan apache2Triad siap digunakan.

SEMOGA BERMANFAAT.
Read More

Wednesday, 4 April 2012

Cara Menginstall Appserv

                  Tulisan ini terinspirasi dari teman-teman kampus yang masih banyak bertanya pada saya bagimana cara menginstall Appserv. Sebelum kita menginstall Appserv itu sebaiknya kita mengetahui apa itu Appserv dan apa fungsinya untuk kita.

                Appserv merupakan aplikasi yang berfungsi untuk installl beberapa program antara lain Apache, PHP, MySQL dalam 1 aplikasi. Fungsi dari Appserv salah satunya adalah untuk mempermudah kita dalam membuat database dengan interface yang sangat userfriendly, selain itu juga bisa digunakan sebagai server pembuatan web secara offline.

                Ok tak usah panjang lebar. Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang Appserv bisa search di Google atau yang lainnya. Langsung saja ini dia langkah-langkah installasi Appserv.

1.  Buka file intallasi Appservnya dan double klik pada installernya seperti gambar di bawah ini.


2.  Setelah kita double klik maka proses selanjutnya adalah halaman awal instalasi Appserv seperti gambar berikut :



3.  Setelah itu maka akan muncul halaman persetujuan. Langsung saja klik “I Agree”


4. Setelah kita menyetujui maka akan muncul jendela dimakanakah kita akan menyimpan file installasi kita langsung saja pilih di drive C

5. Check semua yang ada pada list pilihan componen yang akan di install.


6. Setelah memilih aplikasi yang akan di install maka kita akan berlanjut untuk mengisi Server Name dan Administrator’s Email address. Sebenarnya kita bisa mengisi dengan sembarang sesuai dengan keinginan kita. Tetapi yang selama ini saya lakukan adalah dengan mengisi pada :
      Server Name                 : www.localhost.com
                   Administrator Email      : root@localhost.com
                   Abaikan saja pada kolom Apache HTTP.


7.  Berlanjut kelangkah selanjutnya yaitu memasukkan root password. Selama saya menginstall Appserv saya selalu menggunakan paswword “root” agar mudah di ingat. Tetapi jika anda ingin merubah password sesuai dengan keinginan anda ya silahkan. Karena ini bersifat umum dan yang jelas JANGAN SAMPAI LUPA PASSWORDNYA. Dan abaikan yang lainnya.



8. Sekarang waktunya menunggu Appserv di install pada komputer kita. SELAMAT MENUNGGU.



9. Setelah selesai maka yang terakhir adalah proses finishing dan di sarankan agar mencentang pada Start Apache dan Start MySQL. Selamat Mencoba.



SEMOGA BERMANFAAT.

Jika ada kesalahan mohon feedback ke email saya : alex.propesor@gmail.com dan sangat ditunggu saran dan kritikannya.

Terimakasih.
Read More

Monday, 2 April 2012

Wanted “Windows 8”


Interface Windows 8 Consumer Preview
Mungkin bagi sebagian orang IT dunia berita tentang Windows 8 sudah terlalu sering di dengar sejak tahun 2010, tetapi bagi saya Windows 8 baru saja saya dengar pada akhir-akhir tahun 2011 setelah di releasenya Windows 8 Developer Preview yang di khususkan untuk para pengembang Windows.

            Setelah mendengar kabar akan di releasenya Windows 8 pada akhir tahun 2012 saya semakin tertarik seperti apa Windows 8 itu. Apakah seperti Windows 7? Ternyata setelah saya browsing sana sini dan melihat beberapa video di Youtube semakin menarik hati saya untuk mencobanya. Apa sih bedanya dengan Windows 7?

            Persaan dan pikiran semakin penasaran sampai benar-benar keinginan untuk mencobanya memuncak. Akhirnya berusaha mencoba bertanya pada teman kampus dan ternyata belum ada yang memiliki soft copy Windows 8 Developer Preview. Sampai akhirnya ada kabar dari berbagai media elektronik bahwa Microsoft akan merealise Windows 8 Consumer Preview pada bulan Februari. Setelah ditunggu-tunggu akhirnya realise juga Windows 8 Consumer Preview pada awal bulan Februari dan saya langsung bertanya lagi sama teman-teman kampus bahkan teman di tempat kerja juga saya tanya. Tapi hasilnya nihil alias belum ada yang memiliki atau mendownloadnya dikarenakan ukuran yang cukup besar sekitar 2,5 GB. Gila masa 2,5 GB saya mau download lewat hp, itu sangat mustahil. Sampai akhirnya lobi teman yang selalu ada di depan koneksi internet dan tidak ada yang berani mendownload juga.

            Amarah semakin memanas, keinginan untuk mencobanya semakin menggila. Saya coba melihat video untuk meredam keinginan itu, ternyata sama aja dalam mindset pikiranku “kalau belum mencobanya masih akan terus penasaran”. Akhirnya sedikit menemukan solusi. Ternyata selang beberapa hari yaitu pada hari minggu ada meeting dari pagi sampai sore di kampus. Saya cek koneksi Wifi di kampus yang kadang on/off. Setelah di cek ternyata WiFi kampus on dan langsung telusur link download dari microsoft. Alhasil impian dan keinginan itu tercapai juga. Sedikit lega setelah prosesi download berlangsung. Cukup menegangkan karena ketakutan yang menghampiri otakku akan koneksi yang on/off. Alhamdulillah aman sampai proses download selesai.

            Menegangkan dan sangat menyenangkan setelah mendapatkan installer Windows 8 Consumer Preview dari web Microsoft yang dalam bentuk file .iso sebesar 2,4GB. Tak perlu berlama-lama lagi selesai rapat di kampus langsung pulang, beli DVD untuk burning dan mencobanya langsung di laptop kesayangan Asus X43U. Tak cukup sampai disini saja ketegangan yang kurasakan. Karena sedikit ada perbedaan dengan proses instalasi Windows 7. Tetapi dengan mecobanya alhasil Windows 8 Consuer Preview dapat saya nikmati sekarang ini. MEMUASKAN!!!
Read More
Designed ByBlogger Templates