Wednesday, 31 December 2014

Liburan Terpanjang Episode 5 (Hari ke-4)

Hari ke-4 (Rabu, 31 Desember 2014) dan masih di Bali adalah hari terakhir di bulan Desember 2014. Perjalanan dimulai dengan ziarah kubur terlebih dahulu, karena masih ada beberapa peninggalan Islam yang ada di Bali.

Ziarah-pun usai, perjalanan berlanjut ke Nusa Dua Bali. Kali ini perjalanan sudah ada yang menemani, yaitu Tour Guide asli dari Bali namanya “Bli Made”. Sepanjang perjalanan dari usai ziarah ke Nusa Dua di ceritakan tentang Bali. Mulai dari sejarah, bahasa, dan adat istiadat di Bali. Dan yang paling penting adalah melewati TOL di atas laut terpanjang di Indonesia yang diresmikan pada tahun 2014 bersamaan dengan Miss World 2014 yang diselenggarakan di Bali.
Sesampainya di Nusa Dua Bali yang dilakukan adalah mengapung di atas air dengan menggunakan perahu motor ukuran kecil. Perahu itu hanya menerima maksimal muatan 11 orang dan akan di tambah 1 orang lagi sebagai pengemudinya.

Menyeberangi laut sampai berfoto-foto dan tertawa bersama, perjalanan sekitar 15 menit itu berakhir di Teluk Penyu (Turtle Island). Disana kita bisa berfoto bersama Penyu. Selain Penyu masih banyak binatang reptil yang lain.

Sholat jamaah Dzuhur bersama dipinggir laut di dalam sebuah rumah makan yang sungguh sangat jadul. Tapi kali ini tempat sholatnya sangat besar, hampir bisa menampung semua jamaah. Sholat sudah, selanjutnya adalah makan. Makan kali ini masih sama rasanya ragu seperti pagi hari pertama makan di Bali. Tapi tetap harus makan, karena itu sudah terjadwalkan.

Setelah selesai menikmati air, selanjutnya adalah menikmati wisata belanja. Awalnya belanja akan dilakukan di Krisna, tetapi karena tida adanya lahan parkir (penuh), maka diputuskan untuk berbelanja ke Karang Kurnia. Di Karang Kurnia saya membelikan oleh-oleh untuk ponakan dan keluarga di rumah.

Setelah diarasa cukup, ternyata masih ada waktu dan informasi yang di dapatkan bahwa Krisna sekarang dalam keadaan sepi (bisa parkir). Jadi belanja lagi deh.

Hari ini temanya lebih ke belanja dari pada wisata air atau alam. Tetapi kalau tida menyinggahi “Jogger” itu masih kurang afdol rasanya. Yah mau bagaimana lagi, schedule sudah ada.
Malam pergantian tahun-pun didepan mata, gerimis mulai terasa. Hanya beberapa orang yang keluar saat malam pergantian tahun 2014 ke 2015. Saya-pun tertidur pulas sampai pagi hari.






Apa yang terjadi hari terakhir di Bali? Ikuti episode selanjutnya.


No comments:

Post a Comment

Designed ByBlogger Templates