Skip to main content

#MozBelajar bersama Urban Cikarang

Post from UrbanCikarang.com

Mozilla Indonesia dan UrbanCikarang untuk ketiga kalinya kembali menggelar kegiatan kopdar dan belajar, kali ini tema yang diangkat adalah belajar tentang Mozilla Webmaker yang baru saja dirilis untuk versi Android, kegiatan ini dihelat di Double Dipps Coffee, Jababeka pada Minggu, (23/08/2015) pukul 15.00 hingga pukul 17.00 WIB.
Ahmad Munif salah satu Firefox Students Ambassador (FSA) bertindak sebagai mentor mengajarkan workshop singkat pengenalan dan penggunaan Mozilla Webmaker kepada 13 peserta yang hadir. Mozilla Webmaker for Android adalah aplikasi pintar untuk membuat web sederhana melalui perangkat ponsel pintar berbasis Android semudah bermain game, asik dan mudahnya penggunaan aplikasi ini membuat peserta seperti tidak membuat web, tetapi bermain layaknya game.
https://pbs.twimg.com/media/CNE_eDdUsAA3FVn.jpg
Peserta menyimak pengenalan Webmaker dari Ina salah satu Mozilla Reps Indonesia
Acara dibuka pukul 15.00 WIB dengan pengenalan aplikasi Mozilla Webmaker for Android, peserta diajak mengenal antarmuka Webmaker hingga menggunakannya untuk membuat web sederhana dan mensharenya di web. Mulai dari menuangkan ide konsep web disecarik kertas tentang web yang akan dibuat, mengaplikasikannya di Webmaker hingga hasilnya bisa dishare di internet.
https://pbs.twimg.com/media/CNFDEKiUAAAxknV.jpg
Ahmad Munif, Firefox Students Ambassador (FSA) Cikarang menjelaskan penggunaan Webmaker
https://pbs.twimg.com/media/CNFHf8tVEAADsGZ.jpg
https://pbs.twimg.com/media/CNFH5LtUcAAuiyg.jpg
Peserta membuat konsep web dikertas tentang tema web yang akan dibuat
https://pbs.twimg.com/media/CNFVrbiUEAAEO92.jpg
https://pbs.twimg.com/media/CNFVrlQUcAA34zZ.jpg
Tiap peserta mempresentasikan tentang konsep web yang akan dibuat di hadapan peserta lainnya.
https://pbs.twimg.com/media/CNFWf2JUkAAKCBN.jpg
Peserta membuat web sesuai dengan konsep web yang dibuat di kertas
https://pbs.twimg.com/media/CNFvwSnUsAAXaax.jpg
Agus, pemenang tema dan pembuatan web terbaik MozBelajar Cikarang dan mendapat t-shirt
Mozilla Webmaker membidik agar pengguna internet selama ini yang bertidak hanya sebagai penikmat dan konsumen mulai beralih menjadi produsen dan membuat konten-konten kreatif, sehingga muncul celah sosial dan ekonomi yang menguntungkan bagi pembuatnya.
Aprilia salah satu peserta membuat Tutorial Hijab Sederhana dan Cute menggunakan Webmaker mengungkapkan "Aplikasi yang mudah digunakan semudah bermain game dan langsung share, senang ikut kegiatan ini" ujarnya.
Agus yang juga salah satu peserta membuat web tentang jalur-jalur sepeda di Bekasi yang jarang orang tau, atas web buatannya ini Agus terpilih menjadi web terbaik diantara peserta yang lain dan berhak mendapatkan hadiah berupa t-shirt Mozilla Webmaker.
Hadir pula pada MozBelajar kali ini Rara, Mozilla Reps Indonesia.

Terimakasih team UrbanCikarang

Dan berikut ini adalah beberapa link project yang sudah di buat

Comments

Popular posts from this blog

Review Film Surau dan Silek

Surau yang berarti “Mushola” dan Silek yang berarti “Silat”. Adil yang diperankan oleh Muhammad Razi (11 th ) diceritakan sebagai anak Yatim, Kurip diperankan oleh Bintang Khairafi (12 th ), dan Dayat yang diperankan oleh Bima Jousant (11 th ). Mereka bertiga adalah anak-anak minang (Padang) yang menggemari seni bela diri Silek (Silat). Cerita yang berlatar belakang lokasi di Padang ini sangatlah indah sekali, keindahan ini didukung dengan tehnik pengambilan gambar yang sangat baik dan tentunya Bahasa yang digunakan di dalam film ini 95% adalah Bahasa Padang (untuk yang tidak tahu Bahasa Padang, sudah disediakan terjemahanya kedalam Bahasa Indonesia). Awal cerita Adil yang sedang bertanding silek dengan Hardi (F Barry Cheln-11 th ) di gelanggang olahraga mengalami keganjalan saat detik-detik terakhir, yaitu Hardi melempar pasir ke mata Adil yang membuat Adil menjadi kalah dalam pertandingan tersebut. Singkat cerita Adil mendapatkan tekanan yang sangat luar biasa yait

Galeri Persami SMP, SMA, SMK Al-Luthfah 2015

Berikut ini adalah beberapa foto hasil jepretan saat Persami SMP IT, SMA IT, dan SMK Al-Luthfah.

MozBelajar YPIT Al-Luthfah

Sabtu, 1 Agustus 2015 siswa-siswi YPIT Al-Luthfah mengikuti kegiatan #MozBelajar yang diadakan oleh Mozilla Indonesia. Acara MozBelajar kali ini dihadiri oleh +/- 20 siswa perwakilan baik dari SMP IT, SMA IT, maupun SMK Al-Luthfah. MozBelajar yang berjalan dengan sangat menyenangkan ini membahas tentang Webmaker App dari Mozilla. Dengan Webmaker kita bisa belajar tentang bagaimana berkontribusi di web. Pada MozBelajar kali ini dibawakan oleh saya sendiri (Ahmad Munif) sebagai FSA (Firefox Students Ambassadors) dan Mozillian Indonesia. Materi utama yang disampaikan adalah Webmaker. Dan dilanjutkan dengan sesi download bersama. Setelah download bersama, diadakan team project. Team Project terdiri dari 4 orang dan mereka merancang apa yang akan di buat di Webmaker. Berikut ini adalah hasil dari masing-masing team : Team Planet (MOPD) :  https://beta.webmaker.org/#/project?user=454905&project=5934 Team Life (Jalan Kehidupan) : https://beta.webmaker.org/#/project?user=4549