Friday, 1 January 2016

Menjadi Keluarga Baru, Mozilla Indonesia



Tahun ini menjadi tahun yang sangat luar biasa. Dengan memulai berkontribusi di sebuah komunitas yang sangat besar di Indonesia, Mozilla Indonesia. Sejak tahun 2011 akhir (hijrah ke Cikarang) saya memulai untuk belajar berkomunitas. Awal tahun 2012 saya mulai belajar bergabung dengan komunitas MUGI (Microsoft User Group Indonesia) dan saya hanya sebagai anggota umum. Cuma datang saat ada acara saja.

Setelah berjalan hampir 2 tahun saya memulai untuk mengenal banyak komunitas di Indonesia seperti PHP Indonesia (semoga bisa berperan aktif di tahun depan), mulai mengenal Google melalui teman kampus, mengenal IBM melalui PHP Indonesia, dan pada pertengahan tahun 2014 saya berkesempatan untuk mengenal lebih dekat dengan Mozilla Indonesia.

Waktu itu, tepatnya bulan Ramadhan tahun 2014 saya join disalah satu sesi #mozBelajar di gedung Cyber 2 dan mengikuti dengan sangat antusias. Setelah selesai mengikuti acara #mozBelajar saya mencoba untuk mengadakan di kampus. Waktu itu saya masih berstatus Mahasiswa AMIK BSI Cikarang. 

Setelah acara sukses berjalan dengan cukup sukses, pada awal tahun 2015 mb Rara (Reps. Mentor Indonesia) mengajak saya untuk ikut dalam acara Workshop Persiapan Webmaker Apps Launch bersama Mozillians, FSA, dan Reps dari seluruh Indonesia.

Saya langsung menyetujui ajakan dari Mb Rara dan saya ikut serta dalam proyek Mozilla secara global dan secara khusus di Indonesia, untuk mensukseskan proyek MozillaIndonesia yang di telah di rencanakan. 

Saya ikut aktif dalam bagian “volunteer” Mozilla Indonesia sampai akhir tahun ini. Berusaha untuk belajar memahami komunitas dan merasakan bahwa baru Mozilla Indonesia yang bisa membawa saya kedalam “keluarga” di dalam komunitas.

Saya mulai dipercayai sebagai koordinator “Equipment” di acara besar Mozilla dan saya belajar banyak sekali hal yang saya tidak dapat di luar sana. Selain itu saya juga berkesempatan sebagai salah satu FoxFooders dari Indonesia, terimakasih mb Ina.

Harapan di tahun depan adalah saya bisa lebih baik lagi dalam berkomunitas khususnya di Mozilla Indonesia. Karena sudah ada beberapa agenda yang “baru” direncanakan. 

Terimakasih keluarga baru, Mozilla Indonesia.


1 comment:

Designed ByBlogger Templates