Monday, 14 March 2016

Ini Bukan Keluhan

 

Semenjak saya terjun ke dunia Pendidikan, banyak sekali perubahan-perubahan yang ada pada diri saya pribadi, mulai dari sikap atau perilaku, disiplin, pola pikir, dan banyak hal. Saya merasa sangat beruntung bisa terjun di dunia pendidikan, yang pada akhirnya diputuskan untuk keluar dari zona nyaman. 

Waktu masih kerja di salah satu perusahaan sebagai customer service saya merasa kemampuan saya tidak akan bermanfaat begitu banyak, tapi inilah saya yang sekarang. Penuh dengan tantangan baik dari luar maupun dari dalam.
Prinsip yang saya lakukan saat saya di kelas adalah mengambil dari prinsip-prinsip yang telah guru saya lakukan mulai dari guru SD, SMP, dan SMK. Banyak hal yang saya terus coba terapkan sambil terus mencari ide bagaimana cara mengajar yang baik, efektif, dan efisien. Sehingga dapat membuat sebuah produk yang berkualitas.

Tak jarang banyak hal yang masih harus saya lewatkan begitu saja. Konsistensi yang kadang melemah. Tapi jargonku terus berkumandang.
Pendidikan bukan hanya tentang nilai dari hasil ulangan atau ujian anak. Pendidikan yang sesungguhnya adalah bagaimana agar siswa benar-benar paham apa yang sudah kita sampaikan dan tahu apa yang bisa mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Pendidikan juga bukan melulu tentang murid, tetapi juga tentang kualitas pengajarnya. Jika ada ulangan terus banyak yang mencontek terus apa gunanya pembelajaran sehari-hari? Apakah mungkin gurunya tidak berkualitas sehingga murid takut nilainya jelek.

Jika dari hasil sebuah ulangan tanpa contekan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, maka gurulah yang harus berinstropeksi diri. Bukan hanya siswa. Carilah metode pembelajaran yang paling efektif agar mereka paham.

Ayolah rubah pendidikan Indonesia mulai dari diri kita. #SemangatIndonesia #SemangatPendidikan


No comments:

Post a Comment

Designed ByBlogger Templates