Skip to main content

Kontribusi Suara Pelajar #MozBelajar


Sabtu, 7 Maret 2020 di Lab. Komputer, telah dilaksanakan kegiatan MozBelajar goes to School. Pada kesempatan kali ini MozBelajar goes to School berkunjung ke YPIT Al-Luthfah. Sekolah ini berada di Kecamatan Cikarang Selatan, Kabupaten Bekasi. Sekolah berada dekat sekali dengan salah satu kawasan Industri tersbesar di Asia Tenggara yaitu EJIP, Hyundai, dan Delta Silicon.


Ahmad Munif, S.Kom, adalah salah satu Guru di jenjang Sekolah Menengah pada Yayasan Al-Luthfah yang kebetulan adalah salah satu Volunteer Mozilla Indonesia berinisiatif untuk mengadakan Kampanye Firefox Lite dengan mengadakan kegiatan MozBelajar dan dilanjutkan dengan melakukan Sprint untuk Common Voice.



Kegiatan diikuti oleh 35 siswa yang terdiri dari jenjang SMP, SMA, dan SMK yang memang miliki ketertarikan terhadap dunia teknologi informasi. Siswa-siwi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dari awal sampai akhir.


Kegiatan diawali dengan menjelaskan tentang Mozilla baik secara global maupun Komunitas Mozilla Indonesia tersebut. Kemudian dilanjutkan menjelaskan fitur-fitur utama dari Firefox Lite dan sama-sama mencoba fitur tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan karena koneksi internet yang tidak stabil sehingga membuat beberapa siswa hanya bisa mendowload akan tetapi belum sempat mecobanya.





Setelah selesai pengenalan Mozilla dan mencoba menggunakan Firefox Lite, kegiatan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai apa itu Common Voice, dan bagaimana cara untuk berkontribusi dengan menggunakan Common Voice. Setelah selesai mendengarkan penjelasanya, maka kini giliran siswa-siswi melakukan kontribusi untuk Common Voice. Kontribusi secara umum ini dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi ke-1 adalah sesi "Speak" atau berbicara yaitu dengan merekam suara sendiri dengan membaca teks yang sudah disediakan. Sedangkan sesi selanjutnya adalah "Listen" atau mendengarkan, yaitu proses validasi dari perekaman awal, apakah sudah sesuai dengan kaidah pengucapan Bahasa Indonesia yang baik.

Kegiatan diakhiri dengan membagikan hadiah bagi yang beruntung yaitu 1 orang dengan kontribusi Speak terbanyak oleh Aditya Chandika Sakti (XI TKJ - SMK), kontribusi Listen terbanyak oleh Syech Khan Fachri (XII MIA - SMA), dan kompetisi post social media terbaik oleh Anysafa Dymartian (VII A - SMP). Tidak lupa setelah itu diadakan sesi foto bersama.

Terimakasih buat kak Lidya dari Komunitas Mozilla Indonesia yang sudah hadir dan membantu kelancaran proses Sprint Common Voice ini.

Comments

Popular posts from this blog

Pembayaran Kuliah BSI Melalui ATM BCA

Untuk Mahasiswa BSI yang menggunakan kartu ATM BCA bisa membayar kuliah dengan cara :
1. Masukkan Kartu ATM ke Mesin ATM, kemudian masukkan password 2. Masuk ke Transaksi Lainnya 3. Pilih Pembayaran 4. Pilih Layar Berikut 5. Pilih Lain-lain 6. Masukkan No. Rek BCA BSI  3423007776 7. Masukkan NIM 8. Masukkan jumlah pembayaran 9. Konfirmasi pembayaran


-Semoga Bermanfaat-

Cara membuat koneksi dengan MySQL Connector/ODBC

Artikel ini berdasarkan pengalaman saya di kampus yang materi ini tidak masuk dalam slide perkuliahan materi VB II.
Berikut langkah-langkahnya :

1. Buka control panel
2. Pilih Administrativ Tools dan klik

3. Pilih dan klik Data Sources (ODBC)

4. Tekan tombol Add

5. Cari, pilih, dan double click MySQL ODBC 5.1 Driver (disesuaikan dengan versi MySQL Connectornya yang terinstall)

6. Isikan semua data seperti contoh data terlampir kemudian klik tombol test. jika berhasil maka akan ada pesan "Connection successful"



7. Klik OK sampai selesai.

Review Film Surau dan Silek

Surau yang berarti “Mushola” dan Silek yang berarti “Silat”. Adil yang diperankan oleh Muhammad Razi (11th) diceritakan sebagai anak Yatim, Kurip diperankan oleh Bintang Khairafi (12th), dan Dayat yang diperankan oleh Bima Jousant (11th). Mereka bertiga adalah anak-anak minang (Padang) yang menggemari seni bela diri Silek (Silat).
Cerita yang berlatar belakang lokasi di Padang ini sangatlah indah sekali, keindahan ini didukung dengan tehnik pengambilan gambar yang sangat baik dan tentunya Bahasa yang digunakan di dalam film ini 95% adalah Bahasa Padang (untuk yang tidak tahu Bahasa Padang, sudah disediakan terjemahanya kedalam Bahasa Indonesia).
Awal cerita Adil yang sedang bertanding silek dengan Hardi (F Barry Cheln-11th) di gelanggang olahraga mengalami keganjalan saat detik-detik terakhir, yaitu Hardi melempar pasir ke mata Adil yang membuat Adil menjadi kalah dalam pertandingan tersebut.
Singkat cerita Adil mendapatkan tekanan yang sangat luar biasa yaitu dengan perginya paman R…